Latest News

Featured Article

Cara Dapat Uang Tambahan Lewat Smartphone Android

Banyak orang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang tambahan . Terlebih lagi jika melakukannya dengan cara yang instan dan cepat. Mem...

Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Jika tak kenal, maka tak sayang. Pepatah ini sangat familiar di telinga kita bukan? Nah, inti dari pepatah tersebut juga berlaku untuk blog Anda yang terlebih lagi dibangun untuk mengoptimalisasi AdSense. Jika blog Anda tidak dikenal alias tidak memiliki nama jelas, maka pengunjung tidak akan mengenali blog AdSense Anda tersebut. Nama jelas disini maksudnya adalah sebuah nama domain yang cocok dan sesuai dengan topik blog AdSense yang Anda bangun.

Dalam menentukan sebuah nama, peran domain sangatlah penting. Jika Anda ingin membangun blog AdSense akan lebih baik jika Anda menggunakan domain sendiri, dengan kata lain tidak mengguakan domain .blogspot.com lagi. Google sendiri menyukai sebuah blog yang memiliki domain sendiri.

Dalam artikel sebelumnya, saya sempat mengulas alasan kenapa Anda harus beralih ke domain sendiri. Silakan baca: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Domain Sendiri Untuk Blog AdSense Anda.

Namun, apa sih sebenarnya pengertian domain itu? Dikutip dari situs Wikipedia, definisi domain adalah sebagai berikut.
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Tips Memilih Nama Domain untuk Blog AdSense

memilih nama domain untuk blog
Sekarang ini harga TLD (Top Level Domain) tidaklah murah jika dibandingkan dengan beberapa tahun belakangan, misalnya domain untuk 1 tahun seharga kira-kira Rp. 100.000. Karena hal ini, kita hendaknya harus lebih cermat untuk memilih dan membeli sebuah domain yang diinginkan. Karena jika sampai salah, rugilah yang kita dapat. Kita tidak bisa membatalkan atau refund domain yang sudah kita beli dengan nama yang sudah kita tentukan. Untuk itu, cermatlah membeli sebuah domain.

Lalu, bagaimana sih tips memilih nama domain yang baik?

Nah, sebaiknya Anda memilih nama domain yang sesuai dengan keyword atau topik yang Anda bangun di blog AdSense Anda. Karena tempat strategis pertama yang harus Anda letakkan keyword adalah di bagian URL atau domain blog Anda. Silakan baca: Tips Menempatkan Keyword Dengan Benar di Dalam Artikel.

Untuk lebih lengkapnya, akan saya ulas di bawah ini.

1. Pilihlah Nama Domain Yang Sesuai

Memilih nama domain harus sesuai dengan topik yang akan dibahas di blog AdSense Anda. Jika tidak sesuai maka, identitas blog Anda tidak akan kuat di mata pengunjung dan juga mesin pencari. Sebagai contohnya, jika Anda mengangkat topik tentang khasiat daun herbal, maka sebaiknya Anda menggunakan domain dengan alamat URL khasiatdaunherbal.com, khasiatdaunherbal.net, khasiatdaunherbal.co.id, dan lain sebagainya terserah Anda. Namun, yang terpenting adalah nama domain harus sesuai dengan topik bahasan blog AdSense Anda tersebut. Hal ini juga berguna untuk memperkuat SEO blog Anda dengan membidik keyword andalan di bagian URL blog Anda.

2. Pilihlah Nama Domain Yang Mudah Diingat

Agar mudah diingat oleh pengunjung, maka pilihlan nama domain yang mudah diingat. Jangan memilih nama domain yang ribet sehingga pengunjung tidak dengan mudah mengingat alamat blog Anda. Ketika Anda memberitahu seseorang nama domain Anda, domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

3. Pilihlah TLD (Top Level Domain) Untuk Nama Domain

Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi .com untuk nama domain Anda. TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama, biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi .com terlebih dahulu. Blog yang menggunakan TLD juga disenangi oleh mesin pencari seperti Google. Ia akan memprioritaskan blog yang menggunakan TLD ketimbang yang tidak.

4. Jangan Pernah Memilih Nama Domain Terlarang

Jangan pernah menggunakan nama domain yang terlarang karena ini akan memberikan dampak buruk pada blog Anda. Mesin pencari seperti Google biasanya berorientasi pada kata kunci. Jika domain Anda mengandung kata-kata yang mengandung unsur terlarang, hal ini dapat mengakibatkan blog Anda di-blacklist oleh mesin pencari, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung blog Anda.

5. Belilah Domain di Tempat Yang Terpercaya

Beli domain hanya dari registrant yang terpercaya dengan harga terjangkau. Salah satu registrant domain yang saya gunakan adalah NameCheap, selain harganya murah fasilitasnya juga sangat menguntungkan. Namecheap menawarkan harga domain paling rendah sekitar $3.98 per domain per tahun dan akan lebih murah lagi bila Anda memiliki kupon diskon. Selain itu mereka juga memberikan fasilitas Whois Guard dengan gratis (hanya di tahun pertama), sedangkan pada registrant lain biasanya akan dikenakan biaya. Cara membeli domain di NameCheap sudah saya ulas di: Cara Membeli Domain Murah di NameCheap Dengan Mudah.

Mudah-mudahan sehabis membaca artikel ini Anda bisa menemukan nama domain yang cocok dengan blog atau website yang akan Anda bangun. Semoga bermanfaat.

About The Blog Author

Memulai kembali debutnya di dunia Blogger, Erick Krisna Arinjaya membangun blog ini di akhir tahun 2014. Sebagai blogger pemula yang ingin belajar dan berbagi, lewat blog ini saya ingin fokus menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat, khususnya dalam bidang Blogger, SEO, dan AdSense.

0 Response to "Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda"

Berikanlah komentar terbaik Anda untuk isi artikel di atas di bagian kolom kometar. Komentar tidak pantas dan tidak sesuai dengan topik akan segera dihapus! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *