Latest News

Featured Article

Cara Dapat Uang Tambahan Lewat Smartphone Android

Banyak orang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang tambahan . Terlebih lagi jika melakukannya dengan cara yang instan dan cepat. Mem...

3 Elemen Utama SEO di Dalam Sebuah Blog

Sebenarnya untuk mendapatkan ranking yang baik di mesin pencari (terutama Google) bukanlah sesuatu yang sangat sulit bila kita mengetahui cara mengoptimasi sebuah halaman blog. Materi tentang SEO banyak kita temukan di internet, baik itu dalam bentuk ebook ataupun dalam bentuk artikel-artikel website. Dari sekian banyak artikel yang membahas tentang SEO, saya ingin merangkum apa yang saya pahami dan sudah saya lakukan untuk optimasi blog.

Eleman Utama SEO di Dalam Sebuah Blog

Ada 3 elemen utama SEO di dalam sebuah blog yang harus kita ketahui dan lakukan bila ingin mengoptimasi blog di mesin pencari. Ketiga elemen itu antara lain; Riset Keywords, SEO Friendly Blog (On Page Factor), dan Baclinks (Off Page Factor). Dengan mengetahui elemen penting dalam SEO, kita akan lebih mudah melakukan optimasi blog di mesin pencari untuk jangka panjang.

Baca juga: 9 Elemen Penting Dalam SEO Blog Anda Untuk Jangka Panjang.

3 elemen utama seo di blog

1. Kata Kunci (Keywords) Blog

Keywords adalah frase atau rangkaian kata yang diketikkan seseorang di kolom pencarian ketika mereka mencari informasi di search engine, misalnya Google. Kata kunci (keywords) yang diketikkan pengguna mesin pencari bisa satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan bisa juga dalam bentuk kalimat pendek, tergantung masing-masing user. Di dalam satu niche, ada beberapa kata kunci yang sering digunakan oleh user Google di mesin pencari. Nah, para pemilik blog perlu melakukan riset keywords untuk menemukan list kata kunci tersebut.

Riset keywords (keywords research) adalah langkah yang dilakukan oleh pemilik blog dalam mencari dan menentukan kata kunci (keywords) yang paling relevan dengan niche blog yang akan dibangun, baik itu keywords untuk halaman utama ataupun untuk halaman artikel. Dengan melakukan riset keywords kita bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari oleh para pengguna Google, dan bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.

Bila blog kita menggunakan kata kunci yang tepat maka peluang untuk mendapatkan ranking yang baik di SERP (Search Engine Result Page) akan semakin baik, dan tentunya ini akan memberikan trafik potensial yang sangat besar. Menggunakan kata kunci yang tepat artinya kata kunci (keywords) tersebut adalah kata kunci yang paling relevan untuk blog bisnis Anda, banyak digunakan user Google, dan tingkat persaingannya masih bisa dimenangkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memilih kata kunci yang tepat untuk blog Anda. Salah satu cara terbaik untuk menemukan keywords tersebut adalah dengan menggunakan tools gratis dari Google, yaitu Google Keyword Planner.

Baca juga: Cara Terbaru Riset Keyword Dengan Google Keyword Planner.

Intinya, riset keywords adalah langkah awal yang sangat krusial dalam membangun blog yang SEO friendly. Menurut saya, elemen ini memiliki porsi sebesar 40% dalam kampanye SEO sebuah blog. Memilih keywords yang tepat akan membuat proses optimasi blog dan mendapatkan trafik potensial dari mesin pencari akan semakin mudah.

2. Membangun Blog Yang SEO Friendly (On Page Factor)

Apa itu blog yang SEO friendly? Yang dimaksud dengan SEO friendly blog adalah blog yang dibangun dengan standar tertentu sehingga blog tersebut mudah dijelajahi dan dikenali oleh mesin pencari. Selain itu, blog tersebut juga harus memberikan manfaat bagi user dan mudah digunakan/dinavigasi. Sebenarnya ada banyak hal yang terdapat pada On Page Factor sebuah blog. Namun berdasarkan pengalaman saya, hanya beberapa saja yang sangat berpengaruh pada kekuatan On Page SEO, diantaranya:

A. Penempatan Keywords

Jika Anda ingin mengoptimasi halaman blog untuk kata kunci tertentu, maka pastikan keywords tersebut tercantum di dalam halaman blog Anda sehingga Google lebih memahami apa fokus halaman blog Anda. Beberapa bagian di dalam blog Anda yang perlu ditambahkan kata kunci adalah:
  • Title Tag/Judul halaman blog
  • Meta Description
  • Awal paragraf artikel
  • Semantic URLs
  • Sistem Navigasi
  • H1, H2, H3 tags
  • Internal links
  • File gambar (Alt)

B. Membangun Konten Yang Berkualitas dan Relevan

Kalau kita perhatikan, sebagian besar blog yang memiliki banyak konten dan berkualitas pasti merajai SERP Google. Karena itu, pastikan konten Anda berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membuat konten yang detail, biasanya konten yang detail dan panjang lebih mudah masuk halaman utama Google dan cenderung bertahan lebih lama di SERP Google. Bila ingin mengoptimasi konten untuk kata kunci tertentu, pastikan kata kunci tersebut tersemat di dalam 100-150 kata paragraf awal artikel yang dibuat.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Yang Disukai Oleh Google.

C. Meningkatkan Interaksi User Blog Anda

Interaksi user di blog ternyata berpengaruh pada SEO. Interaksi user ini akan membuat bounce rate (tingkat pentalan) di dalam sebuah blog akan semakin kecil. Untuk mengurangi bounce rate kita bisa menambahkan multimedia ke dalam postingan artikel di blog, misalnya menambahkan image yang atraktif, menambahkan video, atau pun diagram, sehingga konten kita akan semakin menarik dan membuat user betah berlama-lama. Selain itu, berikan kesempatan kepada audiens Anda untuk memberikan opini atau komentar dengan menambahkan kolom komentar pada artikel di blog Anda.

D. Menambahkan Outbound Links

Memberikan links ke halaman blog atau website lain yang relevan dengan konten blog Anda juga dapat berpengaruh pada SEO. Dengan menambahkan outbound links, ini akan memberikan sinyal pada Google apa yang menjadi fokus topik pada konten Anda tersebut. Namun, Anda harus memastikan bahwa blog atau website yang diberikan link adalah yang punya Authority pada topik yang Anda bahas.

E. Kecepatan Load Blog

Pihak Google pernah menyebutkan bahwa kecepatan load sebuah blog merupakan salah satu faktor yang sangat penting di dalam SEO. Blog yang proses loading-nya lambat biasanya ditutup oleh user yang tidak sabar menunggu, sehingga ini kemudian berpengaruh pada hasil pencarian di Google.

Silahkan cek kecepatan loading blog Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.

3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)

Sederhananya backlinks itu adalah tautan atau link dari sebuah halaman blog menuju blog lain, dengan kata lain sebuah blog memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi blog lain. Tujuan membangun backlinks adalah untuk meningkatkan popularitas sebuah halaman blog di internet, sehingga blog tersebut berpeluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik SERP (Search Engine Result Page) Google.

Ada banyak sekali blog yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlinks. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa jenis backlinks yang sangat efektif untuk kampanye SEO blog, diantaranya adalah:

A. Links dari Media Sosial

Media sosial yang biasanya saya gunakan untuk membangun backlink adalah Google+, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Links dari media sosial ini biasanya nofollow, namun tetap akan meningkatkan popularitas sebuah halaman blog.

B. Links dari Social Bookmarking

Social bookmarking yang sering saya gunakan adalah Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, dan lain-lain. Links dari social bookmarking ini ada yang nofollow dan ada juga yang dofollow. Optimasi menggunakan social bookmarking biasanya sangat efektif untuk blog lokal, tapi perlu berhati-hati karena terlalu banyak links dari situs social bookmarking dan dalam tempo singkat, bisa berakibat buruk.

C. Links dari Forum Signature

Beberapa forum yang saya dapat sarankan untuk membangun backlinks adalah Bersosial.com, Forum.detik.com, Forum.kompas.com, Pengusaha.co, dan lain-lain. Sebagian besar links dari situs forum ini adalah dofollow. Lebih enaknya lagi, selain memasang links di signature, kita juga boleh memasang links di dalam artikel yang kita posting di forum tersebut, ini efeknya lebih baik untuk SEO. Tapi pastikan Anda tidak melakukan spam karena sebagian besar situs forum sangat ketat peraturannya.

D. Links dari Web 2.0 properties

Beberapa web 2.0 yang sering saya gunakan adalah Blogger.com, WordPress.com. Tumblr.com, Edublogs.org, Bravenet.com, Blog,com, Kompasiana.com, dan lain-lain. Links dari web 2.0 ini sebagian besar adalah dofollow. Khusus untuk Blogger dan Tumblr biasanya saya memanfaatkan blog berumur lama dan sudah memiliki Page Rank (PR) sebagai sumber backlinks. Blog tersebut sudah ditinggalkan oleh pemiliknya dan bisa didaftarkan kembali oleh user baru, dikalangan blogger sering disebut dengan Blog Zombie.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Anda bisa mendapatkan poin-poin penting yang harus dilakukan dalam kampanye SEO sebuah blog sehingga blog Anda akan teroptimasi dengan baik di search engine. Semoga bermanfaat.

About The Blog Author

Memulai kembali debutnya di dunia Blogger, Erick Krisna Arinjaya membangun blog ini di akhir tahun 2014. Sebagai blogger pemula yang ingin belajar dan berbagi, lewat blog ini saya ingin fokus menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat, khususnya dalam bidang Blogger, SEO, dan AdSense.

0 Response to "3 Elemen Utama SEO di Dalam Sebuah Blog"

Berikanlah komentar terbaik Anda untuk isi artikel di atas di bagian kolom kometar. Komentar tidak pantas dan tidak sesuai dengan topik akan segera dihapus! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *