Latest News

Featured Article

Cara Dapat Uang Tambahan Lewat Smartphone Android

Banyak orang mau melakukan apa saja untuk mendapatkan uang tambahan . Terlebih lagi jika melakukannya dengan cara yang instan dan cepat. Mem...

Cara Memasang Iklan AdSense di Samping Artikel Blog

Menempatkan iklan AdSense di bagian samping artikel merupakan suatu cara yang sangat baik dalam rangka mengoptimalkan peluang klik iklan oleh pengunjung. Posisi seperti ini sangat menguntungkan bagi kita, sebab ketika pengunjung sudah mulai membaca paragraf pertama dari artikel kita, maka mata pengunjung secara otomatis melihat iklan yang kita pasang di samping artikel tersebut.

Tentu pemasangan iklan ini harus tetap sesuai dan sejalan dengan kebijakan program AdSense oleh Google sendiri.

Yang ingin saya bagikan kali ini adalah bagaimana cara memasang iklan AdSense tersebut di bagian samping artikel. Anda bisa memasangnya di sebelah kiri atau kanan artikel sesuai keinginan Anda. Tapi, jika sidebar blog Anda berada di sebelah kanan, maka saya sarankan untuk memasang iklan AdSense di sebelah kanan artikel saja. Mengapa? Sebab posisi navigasi blog di sidebar yang berdekatan dengan posisi iklan di bagian samping akan lebih memberikan peluang klik iklan yang besar. Kurang begitu jelas? Silakan baca disini: Cara Terbaik Menempatkan Posisi Iklan AdSense di Dalam Blog.

Contoh dari pemasangan iklan AdSense di bagian samping artikel bisa Anda lihat di screenshot di bawah ini. Iklan AdSense berada di bagian kiri artikel.

posisi iklan adsense di samping kiri artikel blog

Namun, perlu diperhatikan juga disini bahwa jarak antara iklan AdSense dengan artikel harus diberikan, supaya pengunjung nantinya tidak kebingungan membedakan mana yang artikel dan mana yang iklan. Jika hal ini Anda abaikan, maka Anda sudah melanggar salah satu kebijakan dari program AdSense itu sendiri dan Google akan bertindak tegas untuk hal yang Anda lakukan ini. Cara membedakannya bisa Anda lakukan dengan memberikan label atau judul di bagian atas iklan AdSense, contohnya "Advertisement" atau "Sponsored Links". Atau bisa juga dengan memberikan warna latar yang berbeda dengan artikel di iklan AdSense Anda, jika Anda tidak ingin memberikan label di atasnya.

Memasang Iklan AdSense di Samping Artikel

Sekarang, mari kita mulai tutorial memasang iklannya. Perlu diingat bahwa tutorial ini hanya untuk yang berbasis Blogger saja. Jika Anda pengguna Wordpress, silakan cari caranya di Google saja. Sudah banyak yang membahas hal ini.

1. Langkah pertama, yakni persiapkan terlebih dahulu unit iklan yang akan Anda pasang. Saya rekomendasikan untuk memasang unit iklan yang berukuran 300x250 atau unit iklan responsive. Jangan lupa parse dulu kodenya sebelum dipasang.

2. Setelah itu, masuk ke bagian Dashboard > Template > Edit HTML. Kemudian, copy dan paste kode berikut ini tepat di bawah kode <div class='post-body entry-content'>.

<div dir='ltr' style='text-align: left;' trbidi='on'><span style='color: #55555;'><span style='font-size:small;'>Advertisement</span></span></div>
<div style='float:leftwidth:300px; height:250px; padding:5px 20px 20px 0;'>pasang kode iklan disini</div>

3. Jika di template Anda tidak terdapat kode <div class='post-body entry-content'>, maka carilah kode data:post.body.

4. Lalu, paste kode iklan tersebut tepat di atas kode data:post.body yang kedua atau terakhir.

Perhatikan!
  • Jika Anda tidak ingin memberi label "Advertisement" di atas iklan, maka Anda tinggal menghapus saja kode yang berwarna merah di atas.
  • Jika Anda ingin memasang iklan AdSense di sebelah kanan, maka ganti tulisan left menjadi right.
  • Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa unit iklan yang cocok untuk dipasang disini adalah unit iklan yang berukuran 300x250 atau responsive. Namun, jika Anda ingin mengubahnya ke ukuran unit iklan yang lain, cukup sesuaikan saja dengan mengubah width dan height pada kode di atas.
5. Setelah semua selesai, silakan klik Save.

Nah, sekarang Anda sudah sukses memasang iklan AdSense di samping artikel blog Anda. Jika terdapat kesalahan untuk kode di atas atau jika Anda ingin bertanya, silakan beri tau saya lewat kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

About The Blog Author

Memulai kembali debutnya di dunia Blogger, Erick Krisna Arinjaya membangun blog ini di akhir tahun 2014. Sebagai blogger pemula yang ingin belajar dan berbagi, lewat blog ini saya ingin fokus menulis artikel-artikel menarik dan bermanfaat, khususnya dalam bidang Blogger, SEO, dan AdSense.

4 Responses to "Cara Memasang Iklan AdSense di Samping Artikel Blog"

  1. ma kasih infonya langsung aku coba dan hasilnya joooossss. sekali lagi trimakasih

    ReplyDelete

Berikanlah komentar terbaik Anda untuk isi artikel di atas di bagian kolom kometar. Komentar tidak pantas dan tidak sesuai dengan topik akan segera dihapus! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *